selamat datang

Makacih ya udh mw mengunjungi blog_Q....
meskipun cuma sdikit yang bisa Q bagi cz pengetahuanQ yang juga masih jauh dari cukup, Insya Allah yang sedikit ini bisa memberi manfaat... maaf kalo masih ditemukan banyak kesalahan dan kekurangan...
harap dimaklumi...
diharapkan komentarnya..._^

Rabu, 21 Desember 2011

Entner Doudoroff Pathway


A.      Mekanisme Entner Doudoroff Pathway
Langkah awal dalam glikolisis jalur ini adalah fosforilasi glukosa dengan bantuan sebuah enzim hexokinase dengan kofaktor  untuk membentuk glukosa 6-fosfat. Reaksi ini membutuhkan ATP yang bertindak untuk menjaga konsentrasi glukosa rendah dengan terus menerus mempromosikan transportasi glukosa ke dalam sel melalui membran plasma transporter.

Glukosa + (ATP)            glukosa 6-fosfat + ADP

Selanjutnya adalah Oksidasi gugus aldehid dari glukosa 6-fosfat menjadi 6-asam fosfoglukonat dan  dengan bantuan enzim glukosa 6-fosfat dehidrogenase. Reaksi ini memerlukan  atau  sebagai kofaktor dan NAD.

Glukosa 6-fosfat + (NAD)             6-asam Fosfoglukonat +

6-asam fosfoglukonat yang terbentuk akan mengalami dehidrasi membentuk suatu senyawa intermedit yang unik yaitu  2-keto-deoksi-6-asam fosfoglukonat dengan bantuan enzim 6-fosfoglukonat dehidrase yang merupakan salah satu enzim kunci dalam reaksi jalur entner doudoroff.

6-asam fosfoglukonat             2-keto-deoksi-6-asam fosfoglukonat

Selanjutnya komponen 2-keto-deoksi-6-asam fosfoglukonat (KDFG) ini akan dipecah menjadi triosa yaitu asam piruvat dan gliseraldehid 3-fosfat dengan bantuan enzim DFGH aldolase yang juga merupakan enzim kunci dalam reaksi ini.

2-keto-deoksi-6-asam fosfoglukonat             asam piruvat
2-keto-deoksi-6-asam fosfoglukonat             gliseraldehid 3-


Komponen Gliseraldehid 3-fosfat yang terbentuk akan masuk kedalam jalur Embden Meyerhoff Parnas (EMP Pathway) membentuk molekul asam piruvat yang kedua dengan melepaskan 2ATP dan .

gliseraldehid 3-            asam piruvat + 2ATP + 2

Bila asam piruvat yang terbentuk dilanjutkan prosesnya dalam keadaan anaerob atau tanpa oksigen maka akan terbentuk reaksi fermentasi membentuk Etanol dengan bantuan enzim piruvat dekarboksilase. Gliseraldehid 3-fosfat yang masuk kedalam Embden Meyerhoff Parnas Pathway dalam proses fermentasi juga dapat membentuk asam laktat.

B. Enzim yang terlibat
Proses metabolisme karbohidrat tidak lepas dari bantuan kerja enzim sebagai biokatalisator yang mempercepat laju reaksi. Enzim kunci dalam entner doudoroff pathway adalah 6 fosfoglukonat dehidrase dan 2 keto 3 deoksiglukosafosfat aldolase. Selain 2 enzim kunci tersebut, terdapat pula Enzim-enzim lain yang terlibat dalam proses glikolisis khususnya jalur Entner Doudoroff yaitu Heksokinase dengan Kofaktors: , Fosfohidrolase, Fosfoglukosa isomerase, Fosfofruktokinase dengan  Kofaktors: , Aldolase, Trios fosfat isokinase, Gliseraldehid-3 fosfat dehidrogenase, Fosfogliserat kinase Dengan Kofaktor: , Fosfogliserat mutase, Enolase, Piruvat kinase dengan Kofaktor: .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar