selamat datang

Makacih ya udh mw mengunjungi blog_Q....
meskipun cuma sdikit yang bisa Q bagi cz pengetahuanQ yang juga masih jauh dari cukup, Insya Allah yang sedikit ini bisa memberi manfaat... maaf kalo masih ditemukan banyak kesalahan dan kekurangan...
harap dimaklumi...
diharapkan komentarnya..._^

Kamis, 06 Januari 2011

laporan Taksonomi Tumbuhan Rendah (Kelas Chlorophyceaee)

1.   Cladopora glomerata
a.    Morfologi
Tubuh berwarna dominan hijau, yang telah tua berwarna agak kecoklatan. Selain itu juga Cladophora glomerata memiliki rhizoid yang menyerupai akar pada tumbuhan tinggi yang berfungsi untuk melekatkan dirinya pada substrat, sedangkan assimilator berfungsi untuk menghasilkan Nutrisi.
b.   Klasifikasi
Kingdom      : Plantae
Divisi            : Thallophyta
Kelas            : Chlorophyceae
Ordo             : Cladophorales
Family          : Cladophoraceae       
Genus           : Cladophora
Spesies         : Cladophora glomerata
c.    Ekologi
Tumbuhan Cladophora olgamerata ini umumnya dapat tumbuh pada tingkatan suhu dan pH  optimum untuk pertumbuhan yaitu pada rentang suhu 32 – 34 ° dan pH 6,0. Umumnya ditemui tumbuh pada substrat batu.
d.   Pemanfaatan
Cladophora glomerata berfungsi untuk ekosistem laut, selain itu penghasil bahan – bahan hidrokoloid karena mengandung komponen sekunder yang kegunaannya cukup menarik yaitu sebagai obat – obatan dan juga pada bidang industri.
Tumbuh Cladophora dapat menyembuhkan penyakit stroke, karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh manusia. juga dapat digunakan untuk mengobati bisul dan pendarahan pada hidung

2.      Halimeda sp.
a.    Morfologi
Halimeda merupakan jenis alga yang umumnya berwarna hijau dan putih, talus agak kaku, memiliki rhizoid untuk melekat pada substrat. Tumbuhan Halimeda ini memiliki assimilator yang di mana berfungsi sebagai bahan asimilasi dan memiliki pingmen yang berwarna hijau
b.   Klasifikasi
Kindom                  : Plantae
Divisi                      : Thallophyta
Kelas                       : Chlorhophuceae 
Ordo                       : Bryopsidales
Family                     : Caulerpaceae
Genus                     : Halimeda
Species                    : Halimeda sp.
c.    Ekologi
Halimeda ini merupakan tumbuhan rendah yang berjenis alga hijau yang habitatnya di laut yang berkedalaman kurang lebih 0,5 m sampai 1 m. Umumnya melekat pada batu karang yang merupakan substratnya.   Spesies Halimeda ini memiliki suhu di atas suhu kamar yang berkisar sekitar 27º.
d.   Pemanfaatan
Tumbuhan Halimeda kalau di pandang dari segi morfologi memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman. Tumbuhan  ini dapat di gunakan juga sebagai hiasan di aquarium. Dari penelitian para ahli menunjukkan bahwa tumbuhan Halimeda ini memiliki karbon organic dan zat kapur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar