selamat datang

Makacih ya udh mw mengunjungi blog_Q....
meskipun cuma sdikit yang bisa Q bagi cz pengetahuanQ yang juga masih jauh dari cukup, Insya Allah yang sedikit ini bisa memberi manfaat... maaf kalo masih ditemukan banyak kesalahan dan kekurangan...
harap dimaklumi...
diharapkan komentarnya..._^

Kamis, 06 Januari 2011

laporan Taksonomi Tumbuhan Rendah (Kelas Chrysophyceae)

1.   Navicula lanceolata
a.    Morfologi
Ukuran mikroskopis berbentuk lonjong, berwarna kecoklatan atau keemasan, hidup sendiri maupun berkoloni. Talus bersel satu. Struktur talus terdiri dari dua bagian, yaitu wadah disebut hipoteka dan tutupnya disebut epiteka. Epiteka berukuran lebih besar daripada hipoteka. Diantara dua kotak dan tutup terdapat celah, dindingnya mengandung zat kersik (silica)
b.   Klasifikasi
Kingdom      : Plantae
Divisi            : Thallophyta
Kelas            : Bacillariophyceae
Ordo             : Pennales
Family          : Naviculaceae
Genus           : Navicula
Spesies         : Navicula lanceolata
c.    Ekologi
Fitoplankton jenis ini dapat ditemui mengapung pada permukaan air laut yang terkena cahaya matahari pada pagi hari karena melakukan fotosintesis, hidup pada salinitas 32-35 o/oo dan suhu antara 27,25ºC hingga 29,75ºC. Memiliki iklim yang sedang sampai dingin.
d.   Pemanfaatan
Navicula lanceolata merupakan fitoplankton laut yang dikenal dengan grass of the sea. ganggang yang mengandung zat kersik ini Bila mati, dinding selnya akan mengendap membentuk tanah diatom yang kaya zat kersik. Tanah ini merupakan bahan dinamit, isolator, dan bahan gosok penghalus
2.   Chaethoceros teres
a.    Morfologi
Ukuran mikroskopis berbentuk filament memanjang berwarna kecoklatan, Talus bersel satu. Struktur talus terdiri dari dua bagian, yaitu wadah (kotak) disebut hipoteka dan tutupnya disebut epiteka. Epiteka berukuran lebih besar daripada hipoteka. Diantara dua kotak dan tutup terdapat rafe atau celah, dindingnya mengandung zat kersik (silica).
b.   Klasifikasi
Kingdom      : Plantae
Divisi            : Bacillariophyta
Kelas            : Bacillariophyceae
Ordo             : Centrales
Family          : Chaetocerotaceae
Genus           : Chaetoceros
Spesies         : Chaetoceros teres
c.    Ekologi
Ganggang jenis ini dapat ditemui mengapung pada permukaan air laut yang terkena cahaya matahari pada pagi hari karena melakukan fotosintesis, hidup pada salinitas 32-35 o/oo dan suhu antara 27,25ºC hingga 29,75ºC. Memiliki iklim yang sedang sampai dingin.
d.   Pemanfaatan
Fitoplankton Ekosistem Perairan sebagai produsen primer penyedia bahan organic. Penelitian skala laboratorium baru-baru ini diadakan dan membuktikan ternyata Chaetoceros teres mampu menangkap emisi buangan carbon dioksida dilautan. Hal ini menunjang adanya biofuel dari ganggang, sehingga dapat melakukan efisiensi energi serta memperbaiki proses produksi menjadi lebih hemat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar